Senin, 20 Mei 2013

Indonesia Jaya, Indonesia Maju dan Modern

Jika kita kembali kepada sejarah, kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisiasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. 

Namun seiring waktu Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia. Karena dianggap sebagai organisasi yang menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan, maka tanggal kelahiran Boedi Oetomo yaitu 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yang ke-105 Tahun 2013 bertemakan "Dengan Semangat Kebangsaan Nasional Kita Wujudkan Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Menuju Indonesia Yang Maju dan Modern Dalam Bingkai NKRI". Berslogan Indonesia Jaya, Indonesia Maju dan Modern. Tujuan dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2013 ini adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai NKRI.

Tidak ada lagi "tawuran"....
Tidak ada lagi "narkoba"....
Tidak ada lagi "korupsi"....
Tidak ada lagi "pelanggaran disiplin"....
Tidak ada lagi penyakit masyarakat lainnya yang merugikan kita semua.
Indonesia Jaya, Indonesia Maju dan Modern karena prestasi kita

Tidak ada komentar :